Langsung ke konten utama

Berita Terbaru

Wali Kelas

 

Tugas Pokok Wali Kelas

  1. Pengelola kelas;
  2. Mengenal dan memahami situasi kelas;
  3. Menyelenggarakan administrasi kelas, meliputi:
    • Denah tempat duduk siswa;
    • Papan absen siswa;
    • Daftar pelajaran di kelas;
    • Daftar piket kelas;
    • Struktur organisasi pengurus kelas;
    • Tata tertib siswa di kelas;
    • Buku kemajuan belajar;
    • Buku mutasi kelas;
    • Buku peta kelas;
    • Buku inventaris barang-barang di kelas;
    • Buku bimbingan kelas;
    • Buku rapor; dan
    • Buku daftar siswa berprestasi di kelas.
  4. Memberikan motivasi kepada siswa agar belajar sungguh-sungguh baik di sekolah maupun di luar sekolah;
  5. Memantapkan siswa di kelas, dalam melaksanakan tatakrama, sopan santun, tata tertib, baik di sekolah maupun di luar sekolah;
  6. Menangani/mengatasi hambatan dan gangguan terhadap kelancaran kegiatan kelas dan atau kegiatan sekolah;
  7. Mengerahkan siswa di kelas untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah, seperti upacara bendara, pengajian rutin, perlombaan, dan sebagainya;
  8. Membimbing siswa di kelas dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, pemilihan ketua kelas, pemilihan siswa berprestasi, acara kelas, dan sebagainya;
  9. Melakukan home visit (kunjungan rumah/orangtua/wali murid);
  10. Memberikan masukan dalam penentuan kenaikan kelas bagi siswa di kelas;
  11. Mengisi/membagikan buku laporan pendidikan (rapor) kepada orangtua/wali murid;
  12. Mengarahkan siswa agar peduli terhadap kebersihan dan peduli terhadap lingkungan;
  13. Membuat laporan tertulis secara rutin setiap bulan.

Popular Posts

Testing

      Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing  Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing  Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing  Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing  Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testing Testin